Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan - Buah anggur merupakan buah musiman yang memiliki banyak jenis, namun di Indonesia hanya jenis anggur merah dan hijau saja yang sangat familiar. Buah anggur biasanya digunakan sebagai produk olahan jelly, jus anggur, kismis atau hanya dimakan langsung. Di sini akan saya ulas beberapa Tips kesehatan mengenai buah anggur yang kaya akan manfaat.
Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Kandungan Vitamin Buah Anggur

Vitamin A dan C yang dikandungnya membuat anggur menjadi salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Selain itu anggur juga mengandung yodium, kalsium kalium, mangan, selenium, seng dan gula alami yakni glukosa dan dektrosa.

Manfaat Anggur Untuk kesehatan

Banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki anggur menjadikannya sebagai buah yang kaya akan manfaat untuk manusia dengan segudang khasiatnya. Berikut beberapa khasiat buah anggur untuk kesehatan:

Untuk Mengatasi Insomnia
Sebuah penelitian mengatakan bahwa anggu memiliki melatonin, sebuah hormone yang dapat memantu mengatur jam tidur biologis pada manusia. Karena itu penderita insomnia bisa mengkonsumsi anggur untuk bida mengatasi ganggunan tidurnya.

Mencegah Jantung Koroner
Karena senyawa Fenol yang mempunyai sifat antioksidan kuat, anggur merah disebut-sebut dapat mencegah penyakit jantung Koroner. Sedangkan resveratrol yang terkandung pada anggur merah dan hitam utamanya, dapat menurunkan resiko serangan jantung coroner, hal ini didasari dari penelitian yang dilakukan di Amerika dan Jepang. Selain itu kandungan saponinnya juga mampu menghambat penyerapan kolestrol dalam darah.

Dapat Mengatasi Hipertensi
Berkat melatonin dan kalium yang dikandungnya, anggur dapat mengendalikan tekanan darah, sementara seratnya dapat membersihkan saluran pembulah darah dari lemak yang dapat menutup saluran tersebut.

Dapat Menghambat Sel Kanker
Senyawa acutimissin A, petrostilbene, asam elagik yang cukup tinggi serta sifat antioksidan yang dimiliki anggur, membuat anggur mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Mencegah Diabetes
Mungkin ini perlu diketahui bagi Anda yang menderita diabetes, karena anggur dapat menjaga kestabilan gula dalam darah berkat kandungan mangan yang ada padanya.

Manfaat lainnya
Kandungan boron pada anggur dapat mencegah osteoporosis, selain itu vitamin c yang ada pada anggur baik untuk membentuk kolagen, menambah daya tahan tubuh, mepercepat penyembuhan terhadap luka dan baik untuk kesehatan gusi serta baik bila di konsumsi untuk ibu hamil. Kandungan gula alaminya juga dapat berfungsi sebagai energy instan.

Penting: Apabila Anda ingin membeli anggur pilihlah anggur yang masih kencang atau tidak lembek, bila tidak langsung dihabiskan sebaiknya simpan di lemari pendingin agar rasa dan teksturnya tetap baik. Saat hendak dimakan sebaiknya anggur di cuci dengan air bersih terlebih dahulu agar terhindar dari pestisida.

Itulah beberapa Khasiat dan Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan semoga artikel di atas memberi banyak manfaat untuk anda.  Baca juga Manfaat Kulit Manggis dan Manfaat Madu

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: theThinker