Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

tips kesehatanManfaat Jahe Untuk Kesehatan - Zingiber Officilane Rosc Atau lebih familiar dengan sebutan Jahe adalah rempah-rempah yang umumnya digunakan sebagai bumbu masak di masyarakat. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masak, tak jarang jahe juga digunakan untuk membuat minuman penghangat tumbuh seperti wedang jahe atau teh jahe, bahkan saat ini banyak produk kemasan yang menjadikan jahe sebagai salah satu bahan olahannya, seperti susu jahe dan kopi jahe.
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan
Manfaat Jahe | Sumber gambar : images.google.com

Selain dikenal sebagai minuman, bumbu dan bahan masakan, jahe juga sudah sejak lama dikenal karena khasiatnya sebagai obat herbal tradisional. Jahe dapat dipadukan dengan bahan herbal lain yang dipercaya mampu menambah vitalitas sesorang. Minyak astiri yang dikandungnya memiliki manfaat untuk meredakan bahkan menghilangkan nyeri, antiinflamasi, dan sebagai antibakteri.

Nah berikut beberapa khasiat dan manfaat jahe untuk mengobati berbagai maca penyakit:

Manfaat Jahe Untuk Mengobati Batuk
Jahe biasanya digunakan masyarakat sebagai obat batuk herbal. Cara pengolahannya pun cukup mudah, ambil jahe sebesar ibu jari lalu cuci hingga bersih, setelah bersih bakar jahe tersebut, kemudian memarkan. Seduh jahe yang telah dimemarkan tersebut di dalam segeas air dan beri tambahan gula aren, dan siap dikonsumsi sebagai obat batuk.

Sebagai Obat Rematik, Nyeri Punggung dan Pinggang
Bagi Anda penderita rematik, nyeri punggung dan pinggang yang bosan karena terus menerus mengkonsumsi obat-obatan, Anda bisa mencoba jahe sebagai pengobatan herbal tradisional yang aman bagi tubuh. Cara pengolahannya pun cukup mudah diikuti, tumbuk jahe yang sudah dicuci bersih, kemudian berikan sedikit eau de cologne, oleskan ramuan ke baigan yang sakit.

Mengeluarkan gas dan mabuk perjalanan
Untuk Anda yang sering mabuk perjalanan, jahe bisa menjadi alternatif obat anti mabuk. Caranya mudah, siapkan jahe sebesar ibu jari yang sudah dicuci bersih kemudian diiris-iris, kemudian rebus dengan segelas air. Setelah direbus dinginkan air rebusannya, apabila sudah dingin minum air rebusan tersebut.

Untuk Obat Mual
Bagi Anda yang sedang tidak enak badan atau meriang dan merasa mual, jahe bisa menjadi obatnya. Cuci bersih jahe dengan ukuran kurang lebih sebesar ibu jari, kamudian dimemarkan. Seduh jahe tersebut dalam segelas air, tambahkan sedikit gula batu dan asam jawa. Aduk hingga rata, saring, lalu minum air hasil saringannya.

Untuk Obat Terkilir
Siapkan dua ruas jahe yang sudah dicuci bersih, lalu parut. Setelah diparut tambahkan sedikit garam, balurkan campuran jahe dan garam tersebut ke bagian tubuh yang terkilir, lakukan hal tersebut dua kali sehari hingga sembuh.

Gatal Karena gigitan serangga
Lumat jahe yang sudah dicuci bersih, kemudian gosokkan jahe yang sudah dilumat tadi pada bagian yang terasa gatal, mudah bukan ?

Manfaat jahe di atas mungkin hanya beberapa dari banyak Manfaat Jahe Untuk Kesehatan yang dimiliki jahe. Semoga dengan informasi yang kami berikan dapat bermanfaat untuk Anda. Baca juga Manfaat Madu Untuk Kecantikan

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: theThinker