7 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan

Tips kesehatan- Manfaat kulit manggis ternyata sangat banyak dan bisa digunakan sebagai obat alternatif yang murah, mudah didapan dan tentunya aman karena berasal dari bahan alami. Salah satu kandungan utama dari buah manggis adalah senyawa Xanthone yang merupakan senyawa polifenol dan secara struktur mirip dengan bioflavonoids. Senyawa ini jarang ditemukan di alam, dan sekitar 200 jenis Xanthone alami yang sudah diidentifikasi, 40 diantaranya berada pada buah manggis.

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan
Manfaat Kulit Manggis | Sumber gambar : images.google.com

Xanthone telah terbukti memiliki banyak manfaat alami, contohnya anti-alergi dan anti-inflamasi. Ada juga senyawa lain dari buah manggis yang bisa digunakan sebagai obat, seperti polisakarida, catechin dan proanthocyanidins, sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan fungsi tubuh agar selalu berjalan normal. Beberapa kandungan yang ada di dalam buah manggis sebagai berikut.

Kaya Vitamin C
Buah manggis mampu memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh sekitar 12 persen per 100 gram daging buahnya. Vitamin C adalah vitamin yang dapat larut dalam air dan bekerja sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh. Berkat Antioksidan yang dimilikinya bauh manggis mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit seperti, infeksi, flu bahkan kanker sekalipun.

Rendah Kalori
Selain buahnya yang lezat manggis juga rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet. Dalam buah manggis terdapat 63 kalori per 100 gram buahnya. Selain itu buah manggis juga tidak mengandung kolestrol dan lemat jenuh sehingga aman dikonsumsi. Buah manggis juga mampu memenuhi kebutuhan serat tubuh sekitar 13 persen per 100 gram buah manggis.

Mengandung Vitamin B Kompleks
Kandungan vitamin B kompleks seperti thiamin, niacin, dan folat bertidak sebagai koraktor dalam metabolism protein, karbohidrat dan lemak.

Manfaat Kulit Manggis
Selain rasa buah yang lezat dan juga mengandung banyak manfaat, kulit buahnya pun mengandung manfaat yang tidak kalah banyak, kulit buahnya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti diare, sariawan bahkan mencegak penyakit jantung. Buah ini tidak hanya cocok dikonsumsi untuk Anda yang sedang menderita penyakit seperti sariawan, tetapi juga cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh karena antioksidan yang dimilikinya.

Manfaat Kulit Manggis Untuk Mengobati Sariawan
Karena mengandung vitamin C kulit manggis dapat berfungsi sebagai obat sariawan. Cara pembuatan kulit manggis hingga siap dijadikan obat juga cukup mudah, siapkan 2 kulit manggis yang berasal dari 2 buah manggis, kemudian cuci dan potong-potong kulit manggis. Rebus kulit manggis yang telah dipotong dan dicuci bersih tadi dengan 3 kelas air sampai jumlah ainya tersisa setengan atau 50%. Setelah dingin saring hasil rebusan kemudian gunakan sebagai obat kumur.

Manfaat Kulit Manggis Sebagai Anti Kanker
Kandungan Xanthone dalam buah dan kulit manggis memiliki sifat apaptosis dan proliferasi, yang berguna untuk menghambat sekaligus mematikan sel-sel kanker. Sehingga kulif manggis bisa digunakan sebagai obat herbal yang bermanfaat dan mudah didapat.

Manfaat Kulit Manggis Untuk Mencegah Penyakit Jantung
Selain mampu mengobati penyakit kanker ternyata kulit manggis juga mampu mencegah penyakit jantung karena kandungan mineral seperti tembaga, magnesium dan mangan. Kalium yang dikandungnya juga penting yang berfungsi untuk men control tekanan darah dan detak jantung. Karena itu buah manggis juga mampu melindungi tubuh dari serangan jantung koronen dan stroke.

Seperti pada obat herbal lainnya, pada saat pertama kali penggunaan terkadang Anda akan merasakan sedikit anti-reaksi. Hal ini bisa berasal dari berbagai faktor, untuk itu ada baiknya sebelum mengkonsumsi kulit buah manggis sebagai obat herbal Anda mencari informasi yang lebih akurat mengenai takaran atau jumlah yang baku. Berikut beberapa efek samping yang bisa terjadi. Dengan mengetahui berapa takaran yang direkomendasikan Anda akan merasa lebih yakin dalam mengkonsumsi kulit manggis dan dapat merasakan manfaat kulit manggis dengan baik. Baca juga Manfaat Melon

7 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: theThinker